Rabu, 08 Desember 2010

MEMBUAT SENDIRI USB EXTENDER DENGAN KABEL UTP CAT 5E TANPA EXTERNAL TEGANGAN +5 VOLT DC

Untuk mendapatkan signal yang bagus, memang kita
harus meletakkan USB MODEM CDMA/GSM
ditempat yang tinggi. maka kita memerlukan KABEL
USB yang panjang paling tidak 17 meter. 
Banyak blog membahas kabel utp cat5e dengan
diberi tambahan tegangan +5volt. maka saya coba
dengan panjang 20 meter tanpa menggunakan
external tegangan.

Pertama-tama kita membeli kabel USB yang panjang
kira-kira 1,5 meter panjang, kalau tidak salah harga Rp6000. kenyataan di lapangan kabel usb abal-abal ini saya pasang USB MODEM tidak mau deteck/ gak bisa dipakai. saya berasumsi mungkin kabel yang jelek dll. ternyata kabel ini masih ada gunanya, maka kita manfaatkan saja CONNECTOR MALE maupun FEMALE-nya. dan untuk kabelnya kita buang ke sampah, jangan dibuang di kali ya boss, ntar banjir lagi.

Ini adalah penampakan kabel USB yang abal-abal
yang gak bisa dipakai setelah kita membuang 
kabelnya. jadi hanya conectornya yang kita ambil.

Pada gambar sebelah kanan bagian FEMALE saya beri dudukan dengan sepotong PCB untuk memudahkan pemasangan KABEL UTP, sehingga kabel utp tertanam kuat dengan connector female-nya. sehingga kita tidak menemui kecelakaan putusnya kabel utp terhadap connector female-nya.



Kemudian kita lihat bahwa USB MALE (CONNECTOR LAKI-LAKI) mempunyai 4 PINS.
sebenarnya menurut saya ada 5 pins yang harus kita sambung nanti yaitu:
1. pin1 adalah untuk tegangan, tegangan disini adalah tegangan 5 volt DC.
2. pin2 adalah tempat DATA -
3. pin 3 adalah tempat DATA +
4. pin 4 adalah tempat tegangan -/ ground.(tegangan minus)
5. chassing adalah tempat tegangan -/ ground.(tegangan minus)

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar ini

Pada gambar sebelah adalah contoh tentang USB 2.0
biasanya ( di komputer jadul saya). menggunakan 
USB 2.0 standart A. untuk sekedar ilustrasi gambar
ini dilihat dari depan. alangkah baiknya rekan-rekan 
menggambil MULTITESTER/ voltmeter untuk 
mengukur ulang pada komputer masing-masing
apakah benar pada PIN 1 adalah tegangan positip.

Setelah mengecek/ mengukur pada komputer masing-masing,
jangan percaya saya lho boss, lha saya saja SD INPRES gak
lulus.

Kita ambil kabel STP atau UTP
 kalau punya, kalau gak punya ya minta. jika gak ya...
beli. atau mungkin mau seperti saya yang minta sama temen
yang bekerja di suatu perusahaan percetakan. ya walau bekas
tapi masih bisa dipakai, cukup dengan rokok 1 bungkus dapet 
17 meter.( sebenarnya 20 meter, saya potong karena saya
hanya membutuhkan 17 meter)

Pada gambar sebelah coba perhatikan kabel STP/UTP, saya tidak bermimpi untuk mendapatkan kabel STP karena kabel ini sangat muahal.
jadi untuk 17 meter kabel UTP sudah lebih dari cukup.

Pada undang-undang perkabelan untuk DATA+ dan DATA- harus kabel satu plintiran yang mempunyai impedansi 100ohm. pada gambar sebelah ada 4 kabel satu plintiran (twisted pair).

Jadi silakan pilih warna yang mana saja untuk DATA+ dan DATA-
biasanya saya menggunakan warna HIJAU dan HIJAU PUTIH 
untuk DATA+ dan DATA-.


DAFTAR WARNA KABEL dan PIN:
1.pin 1 menggunakan warna COKLAT dan COKLAT-PUTIH untuk tegangan + 5 volt DC.(2 kabel)
2. pin 2 menggunakan warna HIJAU-PUTIH untuk DATA -(1 kabel)
3. pin 3 menggunakan warna HIJAU untuk DATA +(1 kabel)
4. pin 4 menggunakan warna BIRU dan BIRU-PUTIH untuk tegangan minus (ground).(2 kabel)
5. pin 5 menggunakan warna ORANGE dan ORANGE-PUTIH untuk tegangan minus (ground).(2 kabel) NB: pin 5 adalah
chassing/body

Untuk diperhatikan pin 1,4 dan 5 bisa menggunakan warna
apa saja, sedangkan pin 2 dan 3 bisa menggunakan warna
apa saja asal SATU PLINTIRAN (TWISTED PAIR).

Gambar disamping  kabel USB EXTENDER 17 meter tanpa tegangan external +5 volt dan saya menilai setengah jadi karena seharusnya ditambah dengan isolator bakar, sehingga connector male dan female terlihat rapi

Cara ini sudah saya coba sekitar 1,5 tahun yang lalu, dan sudah terbukti di lapangan dan yang penting IT'S WORK.
Dan tidak memerlukan EXTERNAL TEGANGAN +5 volt ribet wech,....
PIN 5 PADA BODY/CHASSING,....


Diusahakan untuk:
1.Jangan menggunakan kabel USB bawaan-nya, semua menggunakan kabel CAT 5e.
2.Kabel CAT 5e disolder langsung ke pin USB baik MALE atau FEMALE.
3.Pada pin USB MALE atau FEMALE bisa ditambahkan sepotong PCB, agar kabel CAT 5e terpasang kuat .
Semoga bermanfaat.

43 komentar:

  1. Hmm...brarti intinya ini dikasih ground ya boss??
    kalo utp extender umumnya kan (-)nya itu ad 4 kabel..jd klo diambil 2 kabel dsolder ke bodi konektor usb bsa ga ya??kan sama aj?

    BalasHapus
  2. @inunk: ya begitulah boss,... itu juga saya ngak sengaja, prinsip memang ground lebih banyak lebih bagus.terpanjang saya coba 20 meter masih deteck.

    BalasHapus
  3. maksudnya ground. Di casing tuh yg dimana bang..?maaf ga ngerti

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. tlg di kasih gambar skema sambungan kabelnya dong..maaf msh bingung.trims

    BalasHapus
  6. @Cahyo and mustain: tolong siapkan dulu USB connector yang male (laki). seperti gambar diatas,...kan kelihatan tuh no.1,2,3 dan 4. sedang nomor 5 ya BODY -nya itu.

    Untuk skemanya silakan baca DAFTAR WARNA KABEL DAN PIN. itu sudah saya jelaskan semua.

    pakai motto ini" don't think, just do it"
    artinya yo langsung praktekin qeqeqe.....

    BalasHapus
  7. wah sampe 20 meter msh bisa ya,, tanpa power lagi...
    ku coba dl ya..
    soale di forum lain, ada yg blg gk bs sampe lbh 7 meter..

    BalasHapus
  8. trus klo skema kabel di konektor usb femalenya gman bang..??q dah coba tp kga brhasil...jngkn modem..pake buat sub flasdsc aj ga kebaja...hmmmm...bingung gan..!!! ^^

    BalasHapus
  9. Coba lihat di foto up date, sdh ada tuh untuk male dan female-nya.

    BalasHapus
  10. Wah bang, ini beneran pernah berhasil untuk panjang mencapai 20 meter ya?? itu nyobanya pakai apa ya?? flashdisk/modem/wifi/dll??
    Trimakasih. Ditunggu tanggapannya. :)

    BalasHapus
  11. pernah dicoba menggunakan WIFI TPLINK WN322 dan MODEM CDMA IVIO.

    Saya juga heran kenapa banyak yang gagal? memang yang susah bagian nyolder antara antara kabel UTP CAT 5e dengan PIN pada USB connector.(karena kecil2) maka saya tambahin PCB kecil(seperti gambar).

    (Ini mudah sekali, tapi mainan ini memang tdk untuk segala umur by DHEGLENG)

    BalasHapus
  12. menarik juga masbroo...
    mo nanya nih untuk pin 4 (-)pada usb male disambung pake kabel biru-biruputih(4)/ orange-orange putih(5)??.n tuk groundna klo ga disambungin ke bodi bole g??
    makasih byk masbroo...

    BalasHapus
  13. Temtu,..boleh lah boss..., itu kan kabel UTP CAT5e milik situ. Tapi ingat kata simbok saya" Semakin panjang dan semakin kecil diameter kawat, maka nilai R(resistan-nya) semakin besar." berhubung saya sebagai anak yang patuh terhadap orang tua,baik,rajin menabung dan tidak sombong maka saya ikuti saran orang tua.
    Semua tulisan diatas sudah saya coba dan berhasil, tidak saya tambah maupun kurangi.
    (GREAT IDEA IS NOTHING UNLESS SHARED by: simbok)

    BalasHapus
  14. mas srundenggosong...saya tertarik melihat kreasi njenengan...mgkin bsa saya telp njenengan...soale kulo tesih bingung niku pripun mas?

    BalasHapus
  15. oya gmana caranya saya bsa menghubungi njenengan? no telp di PM aja mas...pripun?

    BalasHapus
  16. Yang dibingungkan yang mana? coba njenengan lihat dengan seksama dan pelan-pelan, pada penampang USB male dan femala. disitu kan ada kabel2-nya,yang sudah saya cantumkan.
    coba dibaca pelan-pelan dulu, sambil udud.

    BalasHapus
  17. Sip...sangat jelas langkah-langkahnya...

    BalasHapus
  18. saya ada USB Extender yang transparant dan terbungkus kawat anyaman sepanjang 60cm, kalo kabel tsb saya potong dan disisakan 10cm, kemudian disambung UTP dan orange - orange putih nya saya sambungkan ke anyaman kawat pembungkus ( koneks ke body ) bisa nggak yah ? Jadinya nggak perlu nyolder gitu ? tinggal diplintir aja ?

    BalasHapus
  19. @littlepool:Itu STP ya mas broer... gini aja cek dulu apakah cable anyaman tersambung dengan dengan BODY(-), jika tersambung bisa tuh dikerjaiin,....cuma jika tdk tersambung dengan BODY(-),....wah...STP abal2....

    BalasHapus
  20. untuk kabel data yang di twist apa dari ujung solderan male sampai ujung solderan female( harus bongkar kabel) atau hanya beberapa cm saja disetiap ujung solderan

    BalasHapus
  21. Dibongkar saja conectornya (baik male female),langsung disolder diconnectornya langsung. tumben ada emak2 nyasar dasini?

    BalasHapus
  22. Mas Srundeng yang guriih.....ini bisa diterapkan di netbook yg notabene power usb nya kecil.......???

    NB: mas lain kali ngger gawe srundeng dienteni dadi ora gosong mas.....wkwkwkwkwkwkw.....

    Sya sdang menahan tawa baca postingan ini.....

    BalasHapus
  23. @Mas awaludin: Namanya USB 2.0 mau seri A,B..., mau di PC,netbook, tangtop, kutang...sama saja isinya, yang beda cuma size-nya. situ suka size berapa hayo?...

    BalasHapus
  24. mav neh mau tanya, kalo cctv mao ane masukin ke pc bisa ga y, soalnya ane cuma dapet kameranya aja ga ada player buat rekamnya jadi ane mao coba masukin ke pc...?!
    masalahnya sekarang ane ga tau cara masang konektor usb'nya dari cctv ada 4 output 2untuk setrum 12v 2lg buat camera, mohon bantuanya ya mas ato kang srundeng...?
    makasi sebelumnya dilla jakarta.

    BalasHapus
  25. hadew..belom pernah maen cctv boss, dengar aja baru ini. maklum ndeso.

    BalasHapus
  26. srundenggosong....lucu luh koment2 nya..wkwkwkwk

    BalasHapus
  27. srundenggosong....lucu luh koment2 nya..wkwkwkwk

    BalasHapus
  28. srundenggosong....lucu luh koment2 nya..wkwkwkwk

    BalasHapus
  29. Min bisa gak bikin port usb eksternal yang dihubungkan lewat wat port lan, soalnya port usb laptop saya rusak cuma port lannya bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dipelajari dulu skema Port LAN nya, kira2 sama tidak dengan USB?

      Hapus
  30. mas, saya buat 20m kabelnya. di netbook saya berhasil, tp pas di coba di laptop ko not recognize ya? kenapa ya mas bro?

    BalasHapus
  31. nih gan, membuat usb extender 25 - 70 meter

    http://teguhsuroso-k-link.blogspot.com/2013/05/wajanbolic-membuat-usb-extender-25-meter.html

    BalasHapus
  32. saya sudah praktekkan cuma 12 meter,tapi koq tidak bisa kedetect ya??tolong pencerahannya mas srundeng......

    BalasHapus
  33. Kang Mas Pak Bos, untuk cover kondom khusus yg bagus buat nutupin konektornya gimana/pake apa ya biar terlindungi dgn baik. Kan masih telanjang tuh.
    Di isolator bakar ato di isolasi tip item doang aman kaga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di port usb di kompi, gak masalah(telanjang) pada bagian ATAS(terkena sinar matahari/kehujanan) diusahakan usb di dalam wadah ( atau di dalam paralon jika bikin wajanbolic).

      Hapus
  34. Pakai kabel UTP lebih dari 5 meter untuk perpanjangan ekstender USB kegagalannya cukup besar, mengapa?

    Untuk perpanjangan kabel untuk USB itu tidak cuma sekedar menyamakan tegangan diujung-ujung kabel. Terutama apabila penambahan perpanjangan hingga 10 meter atau lebih. Ada transmisi data juga pada pin D+ dan D- yang dihantarkan dalam bentuk impulse tegangan berupa gelombang kotak, dimana penggunaan kabel untuk memperpanjang usb yang tidak sesuai menimbulkan mismatch impedance dan propagation delay. menjadi besar.

    Lalu bagaimana solusinya?

    Silahkan simak artikel saya mengenai USB di blog kami beserta ulasan teknis yang lengkap. Sehingga memungkinkan penggunaan kabel lebih dari 10 meter bahkan hingga 30 meter dengan keberhasilan mendekati 100%. Pasti!!

    Ada tiga bagian artikel terpisah, mengenai standar USB dan spesifikasinya, mengenai perpanjangan kabel ekstender USB dan penguatan arus, mengenai rangkaian penguatan signal D+ dan D- dari port USB, perlu kesabaran ekstra dalam membaca karena tulisan cukup detil dan panjang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru itu PENYAMBUNGAN cabel CAT 5e harus LANGSUNG ke connector USB, agar pada data D+ dan D- tetap terjaga IMPEDANSI 100Ohm.
      MAU pakai UTP/STP yang jelas data kabel 100Ohm.
      KATANYA simple mengapa anda menyarankan penambahan EXTERNAL TEGANGAN?

      Hapus
    2. Yes. Ini pasti bisa .semangat .terus Mbah.

      Hapus
  35. Akun "simple aja" kui mumeti mas, ojo di tanggapi, mbok melu mumet

    BalasHapus
  36. joooooz....jooooooz....masmubram

    BalasHapus