Kamis, 09 Desember 2010

PARABOLIC ANTENNA FOR 2,4Ghz( WAJANBOLIK )

Sebetulnya sudah banyak yang menulis
wajanbolik, entah itu copypaste atau
asal-asalan seperti saya.

Dan tetap masih banyak yang gagal
membuat wajanbolik, bahkan ada
pertanyaan apakah rumus parabola 
itu benar atau salah?....waduh......

Saya yakin rekan-rekan sudah tahu
rumus dasar parabola:

fw : Dw^2 / (16 dw)
fw : titik fokus wajan, signal yang paling besar.
Dw : lebar wajan
dw : kedalaman wajan.

Untuk bahan-bahan silakan lihat gambar di bagian atas:
1.wajan nomer: 16 (entahlah produksi mana,...)
2.paralon PVC ukuran 3" dengan panjang fw+25cm ( digambar L:20 cm s/d 25cm)
3.tutup paralon 2 bh.
4. lakban alumunium. bisa dibeli di toko bangunan, kalau gak salah namanya lakban talang.

Contoh :

Cara menghitung DW atau lebar wajan

Dw -nya adalah : 35,2cm.








Cara menghitung dw atau kedalaman
wajan.

dw -nya adalah : 10,1cm

maka dengan rumus :

fw : Dw^2 / (16 dw)

fw : 7,62cm.

Setelah kita menemukan titik fokus fw : 7,62 cm,
saya jamin signal anda akan semakin jelek.
lho kok bisa begitu?

Kita harus melakukan TUNNING,
atau harus menyelesaikan faktor K.
atau istilah saya faktor X.


Caranya dengan MERUBAH/ MENAMBAH
nilai fw. dengan cara MENGURANGI
NILAI L ( panjang lakban).

Jadi nilai fw ditambah dengan cara mengurangi
nilai L dari 1 cm ke 2 cm dst
dari nilai awal fw: 7,62 cm saya kurangi dikit demi
dikit ( saya kurangi tiap 1 cm )

Ternyata titik fokus wajan yang paling bagus di 11 cm. dengan nilai Dw : 35,2 cm dan dw : 10,1 cm.

jadi kita sudah bisa menjawab pertanyaan diatas.
jadi rumus antena parabola benar atau salah?
menurut saya rumus parabola benar, yang salah kita.
para kere-er yang memaksakan wajan menjadi
antena parabola.

Lha kok aneh wajan buat goreng ikan asin kok dibuat antena parabola.
BUT IT'S WORK.
Dengan wajan nomer 16 dan usb wifi adapter WN322G ketinggian pipa 6 meter mendapatkan signal 60%
dengan jarak 2 km. AP milik pemda ( itu dulu boss, sekarang sudah sadar hahaha....)
.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

NOTE

Jika digunakan untuk usb modem smart dan usb gsm (HSDPA) yang bekerja di freq. 1900Mhz cukup dengan mengganti diameter pipa paralon dari 3" menjadi 4".


7 komentar:

  1. dari pengalaman saya, ukuran dengan rumus itu tidak benar2 tepat, karena wajan yang digunakan bukan bentuk parabola sempurna.
    lebih baik naik keatap genteng sambil bawa laptop trus pegang USB Wifinya maju mundur didepan wajan, cari sinyal terbaik, kalau nemu sinyal tertinggi ukurlah dengan penggaris. kemudian baru bikin paralon sesuai ukuran tadi.

    BalasHapus
  2. SALAM JUMPA..
    MAS MAU NANYA,
    1.APA SEANDANNYA PARALAN YG 4" (WIFI) TDK KT GANTI TETAP BISA TERIMA JARINGAN HSDPA TELKOMSEL? DAN PENGARUNYA APA?

    2. MAKSIMAL JANGKAUAN WIFI DENGAN WAJAN BRAPA ?

    3.SEANDANYA SAYA BIKIN ANTENA WAJAN DENGAN METODE KONEKTOR (SEPERTI ANTENA YAGI) JD POSISI USB MODEM TETAP DI DALAM (KONEK LAPTOP) DENGAN BANTUAN PIGTAIL ATAU SISTEM INDUKSI UNTUK MENGHUBUNGKAN KABEL RG58A KE MODEM APA BISA?

    MOHON PENCERAHANNYA

    BalasHapus
  3. Salam jumpa juga.
    1.saya belum pernah coba,kata kang onno w purba. 3 dim resonan dengan 2,4Ghz, sedangkan 4 dim resonan dengan freq. 1,9Ghz/1900Mhz.
    2. waduh,..pakai wajan kemarin 2 km tembus kok,...tapi antena AP harus tinggi ya...pakai WN322 by tplink.
    3.Jika pakai metode connector bisa tapi harus ada SYARAT-nya. yaitu daya OUT PUT POWER harus besar +/- 5watt. jika pakai bentuk USB adaptor itu hanya keluar 1mw atau 1per1000 watt, jadi RF yang keluar dari device anda habis di kabel RG58, boro-boro nyampai ke antena.
    semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  4. hemm..btul bgt mas..sya jg sempet berpikir demikian ttg rumus tsb,tp sya pnasaran lalu sya lakukan tuning sperti yg mas lakukan. saya jg pke wn422g,tp antena bawaan saya copot..mgkin brmanfaat slhkan mampir dblog saya http://musicmanhollic.wordpress.com/2011/03/12/wajan-bollic-tp-link-tl-wn422g/

    BalasHapus
  5. @anonim: sudah saya coba boss, naik ke atas genteng sambil bawa PC(laptop gak punya)sambil pegang wajan tapi kok,...maaf boss belom sempat mendapat signal yang baik, simbok sudah teriak-teriak...karena genteng pecah semua.

    BalasHapus
  6. gan kalo untuk modem smart modemnya di taruh dalam pipa pa sistem induksi??

    BalasHapus
  7. @anonim: gini mas broer...filosofinya itu modem musti saling terlihat dengan antena BTS, jangan tehalangi tembok,pohon apalagi jemuran tetangga. alternatif paling mudah bikin USB EXTENDER(udah ane posting).dan ditaruh di tempat yang tinggi. jika masih badsignal...terpaksa dibuatkan wajanbolik sampai excelentsignal.
    tapi ingat...signal full tdk berarti wezz...wezz..... jika masih lemot, mungkin pengguna semar sudah jenuh.

    BalasHapus